Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

5 Kelengkapan Administrasi Guru SD, Baca Sekarang!

1 komentar

Administrasi guru SD mempunyai fungsi dan manfaat dalam proses mengajar. Kelengkapan administrasi itu sendiri bertujuan untuk memenuhi tuntunan dalam undang-undang. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru, tugas dan fungsi guru adalah merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing, dan melatih siswa.

Itulah kenapa seorang guru harus membawa beberapa administrasi. Secara umum, administrasi seorang guru terdapat 20 jenis. Namun, di antara 20 jenis tersebut, ada beberapa administrasi yang dirasa sangat penting. Apa saja kelengkapan administrasinya?

Buku Daftar Nilai

Salah satu kelengkapan administrasi yang harus dimiliki seorang guru adalah buku daftar nilai. Buku ini mencakup nilai ulangan harian, nilai tugas di sekolah, nilai tugas di rumah atau PR. Buku tersebut dibuat seperti portofolio dan rekapitulasi untuk memudahkan guru dalam memantau perkembangan para peserta didik.

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang biasanya dilakukan oleh guru saat di kelas. Biasanya, RPP disusun oleh guru pada awal tahun pelajaran. Selain itu, rencana pembelajaran akan disahkan Kepala Sekolah. Dengan begitu, adanya pengesahan menjadi bukti bahwa guru sudah siap untuk mengajar.

administrasi guru SD 2021
Ilustrasi : administrasi guru SD.

KKM

KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal menjadi salah satu administrasi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Karena KKM menjadi ambang atau penentu batas kelulusan seorang peserta didik sebagai syarat untuk lulus pada pelajaran tertentu. Nantinya, KKM akan menjadi panduan bagi guru apakah siswa layak mendapatkan materi selanjutnya atau tidak.

Jika seorang peserta didik tidak mampu mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan, maka peserta didik harus mengulang kembali materi. Atau biasanya disebut remedial. Namun, jika hampir semua peserta didik tidak bisa mencapai KKM, maka metode guru perlu direvisi.

Program Harian, Program Semester, dan Progran Tahunan

Salah satu kelengkapan administrasi kelas yang menjadi bagian dari administrasi guru adalah program atau rencana. Terdapat tiga jenis program atau rencana, yaitu program harian, program semester, dan program tahunan. Adanya program yang dibuat secara berkala bisa membantu guru untuk tahu dalam memberikan materi.

Biasanya program harian membuat formal singkat yang terdiri dari hari atau tanggal, nomor SK, nomor KD, Indikator, alat atau sumber, dan keterangan. Sementara program semester yang biasanya disingkat PROMES memuat SK, KD, indikator, materi pokok, alokasi waktu, penilaian, dan alat atau sumber.

Selain itu, ada lagi program tahunan yang biasanya disingkat menjadi PROTA. Dalam program tersebut memuat matrik rencana pembelajaran selama 2 semester atau 12 bulan. Jadi, adanya pegangan program tersebut, guru bisa tahu harus melakukan apa saat jam belajar.

Buku Pegangan

Kelengkapan administrasi kelas yang tidak kalah penting adalah buku pegangan. Buku tersebut meliputi buku paket, modul, dan buku LKS. Melalui buku tersebut, guru bisa mempunyai bahan ajar. Dengan begitu, saat sudah mulai ulangan, guru bisa membuat kisi-kisi soal berdasarkan materi yang ada dalam buku pegangan.

Selain kisi-kisi soal, guru juga harus mempunyai kumpulan soal atau bank soal dan kartu soal. Tujuannya agar peserta didik semakin mengerti dan terbiasa dengan materi yang diajarkan. Alhasil, saat ulangan semester, peserta didik bisa mencapai semua KKM pada setiap mata pelajaran. 

Itulah beberapa kelengkapan administrasi guru SD yang harus diketahui. Selain 5 kelengkapan di atas, ada lagi kelengkapan lainnya. Contohnya kalender pendidikan, absensi, program remedial, jurnal atau agenda guru, dan lain sebagainya.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar