Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

Cara Memasukkan Peserta Didik Baru di Dapodik 2021, Begini alurnya !

Cara memeasukkan peserta didik baru di dapodik 2021


Tahun ajaran baru 2021 akan segera dimulai . Tentunya akan menjadi tugas tambahan buat menginput data peserta didik baru. Untuk tahun 2021 ini ada sedikit perubahan cara memasukkan peserta didik baru di dapodik 2021. Karena ada sedikit perdbedaan dengan tahun 2020 kemarin.

Mungkin karena wabah covid 19 ini kita bisa dikatakan hampir tidak ada sekolah tatap muka. Sehingga seperti terasa cepat satu tahun berlalu. Tidak terasa kita memasuki tahun ajaran baru 2021/2022.

Dengan masuknya tahun ajaran baru maka secara otomatis akan ada penerimaan siswa siswi didik baru. Sehingga pastinya dari dapodik pusat akan meminta data-data peserta didik baru 2021 ini. Makanya mereka meluncurkan aplikasi terbaru 2021 ini.

Secara umum sih masih sama dengan yang versi lawasnya. Hanya saja ada perubahan tampilan. Dan ada perubahan fungsi fitur dan juga beberapa penerapannya ada yang diubah. Makanya bagi kita yang mau mengisi data peserta didik baru 2021 ini perlu diperhatikan dulu caranya.

Perbedaan Aplikasi Dapodik 2021 dan yang Lama

Kita perlu penyesuaian dengan aplikasi dari dapodik pusat versi terbaru ini. Tugas siap menanti operator dapodik tiap sekolahan. Ada beberapa perubahan yang perlu diperhatikan termasuk yang paling dominan adalah pada menu kelulusan.

Para operator dapodik 2021 tidak perlu meluluskan peserta didik yang ada di tingkat akhir. Karena aplikasi akan secara otomatis meluluskan semua peserta didik tingkat akhir. Hanya saja kalau memang ada yang tidak lulus. Maka kita cancle kelulusannya lewat aplikasi. Pada menu PD keluar.

Selain itu pula ada lagi perbedaan versi lawas dan versi terbaru ini. Yaitu untuk masalah penarikan peserta didik baru. Kalau yang versi lawas operator dapodik sekolah bisa login. Kalau sekarang perlu login melalui manajemen dapodik sekolah melalui situs website resmihttps://sp.datadik.kemdikbud.go.id/.

Selain kedua perbedaan utama tersebut. Mungkin secara umum hampir sama hanya perbedaan tampilan dan beberapa fungsi fitur saja. Untuk penarikan data peserta didik baru secara online pindahan dari sekolahan negeri yang juga menggunakan dapodikmungkin tidak masalah.

Yang menjadi permasalahan utama bila memasukkan data atau menarik data peserta didik baru dari sekolahan di luar dapodik. Terutama sekolahan di bawah naungan kementrian agama. Seperti MI, Mts dll. Ini perlu penanganan khusus.

Dari sebelum versi terbaru ini memang sudah tidak bisa menginput data secara manual. Termasuk versi yang baru ini pun juga tidak bisa secara manual. Perlu penarikan data secara online. Secara umum penginputan datanya dibagi menjadi dua. Yaitu penarikan data dari sekolahan yang menggunakan dapodik dan yang di luar dapodik.

Cara Memasukkan Peserta Didik Baru di Dapodik 2021

Adapun cara memasukkan peserta didik baru di dapodik 2021 untuk yang memang pindahan dari sekolahan negeri yang menggunakan aplikasi dapodik juga adalah dengan cara :

1. Kita perlu masuk kedalam situs resmi websitedapodik 2021. Yaitu bisa dengan menulis linkhttps://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Di dalam pencarian.

2. Kemudian kita memilih menu login menggunakan SSO. Dengan cara nengeklik tombolnya.

3. Maka kita akan diarahkan masuk untuk mengisi username dan pasword kita. Bila sudah klik masuk.

4. Setelah itu kitamemilih tombol aplikasi dan klik tombol tambah PD baru atau tambah peserta didik baru.

5. Bila sudah maka langkah inilah yang nanyinya membedakan kita input data peserta didik baru pindahan dati sekolah negeri yang menggunakan dapodik atau diluardapodik. Untuk kita yang akan menarik data dari sekolahan negeri yang .enggunakandapodik maka klik tombol dapodik.

6. Setelah itu kita akan diberi tampilah mengisi form sekolahan yang akan kita tarik datanya. Mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, sekolah aala, dan tahun kelulusan. Maka kita input data sekolahan yang akan kita tarik datanya tersebut.

7. Bila sudah maka akan muncul tampilan nama-nama siswa siswi sekolahan tersebut.

8. Langkah selanjutnya adalah dengan cara klik ceklis pada samping nama siswa leserta didik baru yang akan masuk sekolahan kita. Bila sudah klik daftarkan.

9. Begitupun untuk sekolahan lain yang akan ditarik datanya sampai selesai.

Bila sudah selesai menarik semua data dari sekolahan-sekolahan negeri yang menggunakan dapodik.maka data yang telah kita tarik tersebut akan secara otomatis masuk aplikasi dapodik 2021. Sebenarnya cukup mudah bukan. Hanya perlu ketelitian saja.

Menarik Data Peserta Didik Baru dari Sekolahan Luar Dapodik

Untuk menarik data peserta didik baru dari sekolahan diluardapodik maka caranya juga sama. Hanya saat memilih menu antara dapodik dan non dapodik. Maka pilihlah tombol non dapodik. Lalu kita tari datanya sama seperti cara sebelumnya.

Tetapi untuk penarikan data dari sekolahan diluardapodikpeelu diperhatikan bahwa. Walaupun kita telah selesai menarik semua data tersebut. Tidak secara otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik 2021 sebagaimana sebelumnya.

Karena untuk langkah ini kita juga perlu menunggu operator dinas untuk mengkonfirmasi data yang kita tarik. Untuk perbedaan mendasar menarik data dari sekolahan diluardapodik kita harus mempersiapkan data seperti ijazah peserta didik baru, akte kelahiran, Kartu keluarga dan KTP orang tua siswa.

Karena nanti saat kita memilih menu non dapodik maka kita akan diminta untuk mengisi data lengkap dari nama lengkap, NISN, tanggal lahir, dll. Makanya perlu dipersiapkan dulu data peserta didik yang pindahan dari sekolahan di luar dapodik. Biar enak nanti saat mengerjakan.

Tidak perlu mengumpulkan data dulu. Tidak kerja dua kali, sebaiknya kita kumpulkan sejak awal. Sehingga tinggal input dan simpan. Setelah semua data peserta didik dari sekolahan diluardapodik selesai maka kita tinggal tunggu konfirmasi dari operator dinas.

Memang untuk penginputan dan penarikan data peserta didik baru dari sekolahan diluardapodik agak sedikit lebih ribet dan perlu inpun secara manual melalui online. Untuk itu perlu dipersiapkan sejak awal.

Bisa dengan cara mereka yang pindahan dari sekolahan diluardapodikdipanghil secara khusus. Dan mereka di suruh membawa semua persyaratan untuk melengkapi data dalam aplikasi dapodik 2021. Mereka bisa suruh membawa foto copyan data saja tidak perlu yang asli. Agar tidak menjadi tanggungan.

Rutinitas kita sebagai operator dapodiksekolahan terutama tiap tahunnya pasti akan sibuk saat ada peserta didik baru. Kita perlu menyiapkan diri agar bisa fresh pikirannya. Biar saat melakukan input data atau tarik data tidak terjadi kesalahan.

Bisa kita persiapkan sejak jauh hari. Apalagi untuk sekolahan yang memang menerima peserta didik baru sampai ratusan bahkan ribuaan. Maka perlu kesiapan lebih awal. Agar jangan sampai kerja dua kali yang melelahkan. Lebih baik sekali langsung jadi tanpa kesalahan.

Untuk cara memasukkan peserta didik baru di dapodik 2021 ini sebenarnya caranya cukup simple dan sederhana. Asalkan kita sudah punya kesiapan dan memang kita sudah memahami aplikasi tersebut sebelumnya. Baik dari fitur dan menu-menunya. Sehingga semua bisa berjalan lancar.

Demikian tadi artikel tentak cara memasukkan peserta didik baru di dapodik 2021. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Related Posts

Posting Komentar