Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

Ingin Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi Ini? Yuk, Simak 3 Lomba Pelajar 2021 Yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Selama pandemi COVID-19 menyerang Indonesia, hampir seluruh kegiatan dilakukan di rumah saja seperti salah satunya sekolah. Ya, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan menyarankan untuk seluruh instansi pendidikan agar proses belajar mengajar dilakukan secara online. Dikarenakan adanya himbauan tersebut tentu saja semua harus mematuhinya. Nah selain sekolah online, apa yang anda lakukan ketika di rumah saja? Bagi anda yang bingung mencari kegiatan lain, tidak ada salahnya jika anda mengikuti lomba pelajar 2021.

Berikut ini 3 Lomba Pelajar 2021 Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Untuk meningkatkan produktivitas anda saat harus di rumah saja, tentu tidak ada salahnya jika anda mengikuti lomba pelajar 2021 yang dilakukan secara online. Lomba-lomba yang akan dibahas kali ini merupakan lomba yang diselenggarakan oleh instansi dalam serta luar negeri khusus untuk para pelajar, mahasiswa serta umum. Penasaran apa saja lombanya? Simak berikut beberapa diantaranya:

1.     Festival Kewirausahaan Dan Inovasi Siswa Indonesia (FIKSI)

Festival Kewirausahaan Dan Inovasi Siswa Indonesia atau disingkat FIKSI merupakan sebuah perlombaan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbud. Lomba tersebut bertujuan untuk mendukung kegiatan kewirausahaan para pelajar SMA sederajat agar bisa mempertahankan keberlanjutan usahanya. Berikut persyaratan mengikuti lomba pelajar 2021 FIKSI:

·         Siswa/i berkewarganegaraan Indonesia.

·    Siswa SMA/MA yang pada tahap akhir masih  berstatus pelajar baik sekolah Negeri ataupun Swasta (Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri seperti fotocopy KTP/SIM/PASPOR/KTM) serta surat pengantar baik perorangan ataupun kelompok dengan maksimum 2 siswa dalam satu kelompok.

·         Peserta yang berhasil lolos pada tahap final tidak boleh digantikan dengan siswa lain.

·         Peserta yang berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.

·         Setiap siswa ataupun kelompok harus mengajukan satu judul bisnis/usaha.

·    Peserta atau kelompok yang sudah menjadi pemenang pada FIKSI tahun-tahun sebelumnya tidak diperkenankan untuk daftar kembali sebagai peserta.

·   Produk maupun jasa yang bisa didaftarkan merupakan karya yang belum pernah menang ataupun masuk kategori pemenang pada lomba FIKSI tahun-tahun sebelumnya.

·     Keaslian karya serta isi produk atau jasa merupakan inovasi dari siswa yang ikut perlombaan dan tidak sedang dalam sengketa atau milik pihak lain.

· Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran lomba pelajar 2021 ini dibuka dari bulan Mei sampai Juli 2021. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi situs resmi penyedia acara.

2.       Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI)

Selanjutnya ada Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Kompetisi tersebut bertujuan untuk membangun budaya 6C yakni collaboration (kerjasama), communication (komunikasi), creativity (kreativitas), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis) serta character (karakter). Melalui kompetisi satu ini diharapkan mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analisanya. Bagi anda yang ingin mengikuti lomba tersebut, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

·         Mahasiswa/i yang berstatus Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP).

·         Merupakan mahasiswa aktif yang berada di lingkungan Kemdikbud RI.

·         Satu kelompok harus terdiri dari 2 orang pedebat dan satu orang juru institusi.

·   Pedebat yaitu mahasiswa aktif Program Sarjana masimal sementer 8, Diploma maksimal sementar 6 untuk D3 dan semester 8 untuk D4. Sedangkan juri institusi adalah mahasiswa aktif atau dosen dari perguruan tinggi asal pedebat (dibuktikan dengan surat tugas yang telah ditandatangani oleh pimpinan).

·         Para pedebat wajib mengikuti Seminar Debat.

·         Juri Institusi wajib mengikuti Seminar Penjurian serta Akreditasi Juri.

·         Anggota yang ikut tidak boleh diganti.

Pendaftaran KDMI ini dibuka pada bulan Juni, untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa langsung ke halaman resmi penyelenggara tentang lomba pelajar 2021 KDMI.

3.       Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Terakhir ada Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN). Lomba ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbud. Lomba tersebut bertujuan untuk mengembangkan minta serta bakat pelajar yang memiliki kebutuhan khusus terutama di bidang keterampilan. Dengan adanya lomba ini diharapkan pelajar berkebutuhan khusus bisa mencapai kemandirian dengan keterampilan yang dimiliki. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi yaitu:

·         Pelajar bersekolah di Satuan Pendidikan Khusus (SKH, SLB, SDLB dan SMPLB), Sekolah Umum (SD, SMP, SMA dan SMK) atau Pendidikan Masyarakat/Program Paket Penyelenggara Pendidikan Inklusif.

·         Mempunyai NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional.

·         Peseta yang terdaftar pada Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

·   Peseta Didik berkebutuhan khusus terbaik di tingkat provinsi 2021 yang telah ditunjuk dan ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

·         Peserta belum pernah menjadi juara pada cabang yang sama..

Pendaftaran Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN) ini dibuka pada 19 hingga 28 September 2021. Untuk informasi mengenai persyaratan lengkapnya anda bisa langsung mengunjungi situs resminya.

Nah itulah lomba pelajar 2021 yang  bisa menjadi pilihan anda. Jadi lomba mana yang anda ingin ikuti? Segera daftar sekarang juga sebelum pendaftaran di tutup! Semoga bermanfaat.

 

 

Related Posts

Posting Komentar