Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

Inilah Cara Cek NUPTK Dan Tips Membuat NUPTK Online

Cara cek NUPTK - Bagi anda yang berprofesi sebagai guru, Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupkan sebuah indentitas yang tidak boleh luput dari perhatian. Mengapa demikian? Hal ini tentu dikarenakan nomor identitas yang dimiliki oleh para pendidik ini digunakan untuk keperluan pengawasan program serta kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan. Dengan nomor identitas tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas mutu para pendidik.

NUPTK wajib dimiliki oleh semua guru ataupun tenaga kependidikan, baik itu yang sudah menjadi PNS maupun non-PNS. NUPTK bisa dikatakan nomor identitas abadi karena nomor tersebut bisa tetap digunakan walaupun guru tersebut telah pindah dari tempat mengajar, berubah status pegawai maupun perubahan data lain.

Nomor identitas NUPTK ini terdiri dari 16 digit dimana nomor tersebut bisa dicek serta diverifikasi kebenarannya melalui aplikasi dapodikauddikmas ataupun dapodikdasmen. Lalu, bagaimana cara cek NUPTK? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Cara Cek NUPTK Yang Sebaiknya Diketahui Oleh Semua Staff Pendidik

Cek NUPTK 2021


Cara cek NUPTK sebenarnya menjadi hal yang cukup mudah, namun sejauh ini ternyata masih banyak guru atau para pendidik yang belum mengetahui bagaimana cara mengeceknya. Nah, bagi anda yang belum mengetahui cara cek NUPTK bisa langsung mengunjungi situs resmi milik Kemendikbud. Berikut langkahnya:

1. Pertama, kunjungi situs resmi Kemendikbud melalui PC atau Smartphone anda di https://gtk.data.kemdikbud.go.id.

2. Setelah itu pilih menu “Status NUPTK”.

3. Masukkan 16 digit angka NUPTK yang anda miliki.

4. Klik tombol search atau pencarian.

5. Selesai, status tentang NUPTK anda akan muncul.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat NUPTK?

Setelah anda tahu tentang cara cek NUPTK, sebagian dari anda pasti penasaran juga mengenai cara membuat NUPTK bukan? Sebenarnya NUPTK tidak bisa didaftarkan secara mandiri ataupun perorangan. NUPTK yang terbit yaitu NUPTK yang diisikan oleh operator tempat anda mengajar dengan data yang benar, lengkap serta sesuai dengan persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud Nomor 1 Tahun 2018.

Dalam proses pengajuan NUPTK sebenarnya operator tidak akan mengajukan NUPTK untuk para pendidik. Hal tersebut karena calon penerima NUPTK ini telah ditentukan serta dimuat dalam aplikasi bernama VervalGTK. Tugas operator sendiri sebenarnya yaitu melakukan penginputan hasil scan dokumen yang menjadi persyaratan penerbitan NUPTK tersebut.

Selanjutnya dokumen tersebut akan diverifikasi oleh pihak dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Ditjend GTK. Apabila lolos verifikasi selanjutnya PDSPK akan menerbitkan NUPTK untuk para GTK yang sudah didaftarkan. Lalu, bagaimana cara penginputan dokumen kedalam aplikasi VervalGTK? Berikut cara penginputannya:

1. Pertama, masuklah ke portal layanan Verval PTK di https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id melalui PC sangat disarankan.

2. Selanjutnya, lengkapi username serta password yang digunakan ketika mendaftarkan akun.

3. Jika sudah berhasil login, menuju menu NUPTK lalu pilihlah menu calon penerima NUPTK, pilih nama guru dan lalu pilih tombol upload dokumen.

4. Umumnya dokumen yang harus anda unggah yaitu: Scan SK GTT Sekolah Negeri (SK Bupati/Kepala Daerah) atau SK GTT Sekolah Swasta, scan KTP, scan Izajah SD, SMP, SMA/SMK dan scan ijazah S1/D4, scan SK CPNS/PNS surat Penugasan Dinas khusus bagi guru yang sudah berstatus PNS.

5. Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka lakukan pengajuan NUPTK dengan menekan tombol upload dokumen.

6. Selesai.

Seteah semua tahap selesai GTK hanya perlu menunggu persetujuan dari dinas. Apabila lolos verifikasi maka data yang telah diinput akan ditindaklanjuti ke pusat dan akan dihitung sesuai dengan rasio kebutuhan guru di daerah setempat.

Nah itulah sekilas tentang cara cek NUPTK dan ulasan tentang bagaimana cara membuatnya. Bagi para pengajar, NUPTK menjadi hal yang sangat penting jadi pastikan anda mengetahui hal-hal diatas. Selamat mencoba!


Related Posts

Posting Komentar