Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

Penerbitan SKTP 2021, Begini cara mengeceknya !


Bagi bapak dan ibu guru yang sudah menempuh PPG ( Pendidikan Profesi Guru ). Pastinya saat ini menunggu turunnya SKTP atau surat keterangan tunjangan profesi. Yang mana kadang perlu kesabaran untuk menunggu. Untuk cara cek SKTP 2021 ini ada beberapa cara yang perlu diketahui.

Tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut kita perlu tahu dulu apa itu SKTP. Jada bagi bapak atau ibu guru yang memang sudah bersertifikasi bisa menerima tunjangan profesi guru ( TPG ). Yang mana tunjangan ini berhaq diberikan pada guru yang telah mengikuti Pendidikan profesi guru.

TPG sendiri bisa diberikan kepada tenaga pendidik baik yang sudah berstatus PNS atau belum PNS. Intinya TPG akan bisa cair bila kita sudah memiliki  SKTP. Makanya kita perlu melakukan cek SKTP 2021 ini. Khususnya yang habis mengikuti PPG.

Kita perlu cek datanya apakah sudah benar, dll. Karena ini juga mempengaruhi cepat tidak nya SKTP turun. Surat SKTP sendiri akan berlaku selama 6 bulan. Kita bisa segera cek SKTP apakah sudah diterbitkan atau belum.

Biasanya kalau memang sudah terbit akan disampaikan ke dinas pendidikan setempat. Untuk nanti disalurkan. Tetapi sebelum SKTP turin bisa kita cek terlebih dahulu. Karena terkadang terjadi kendala yang perlu kita urus agar bisa segera turun.

Kendala SKTP Belum Terbit

Ada beberapa kendala yang biasa mempengaruhi kenapa SKTP tidak kunjung diterbitkan. Mungkin bisa segera kita atasi sejak awal. Adapun beberapa kendala yang paling sering terjadi diantaranya:

1. Belum memiliki nomor registrasi guru atau NRG khususnya guru yang menempuh prajabatan. Makanya pastikan dulu kita memang sudah mempunyai NRG ini. Bila memang belum ada segera mengajukan ke dinas setempat. Dan memastikan data sertifikat pendidikan sama dengan yang ada di GTK.

2. Bisa juga dipengaruhi data yang kita inputdi dapodik tidak valid. Sehingga kita perlu cek NUPTK kita sama dengan yang ada di kemendikbud. Jika memang bermasalah bisa menghubungi operator di kemendikbud.

3. Mungkin juga SKTP kita tidak kunjung terbit juga bisa karena dipengaruhi jam mengajar kita yang masih belum memenuhi syarat. Makanya perlu dipastikan dulu apakah sudah sesuai atau belum. Bila dari satu sekolah masih kurang mencukupi kita bisa menambah jam mengajar dari sekolah lain. Caranya mengajar di sekolah lain dengan mata pelajaran yang masih satu linier.

4. Atau mungkin pengaruh lainnya adalah mata pelajaran yang kita sampaikan tidak linier dengan program studi yang tertera di sertifikat pendidikan. Bila memang tidak linier maka kita bisa mengajukan ke kurikulum agar diberikan jam mengajar pelajaran yang linier dengan sertifikat pendidikan.

Itulah beberapa hal yang biasanya menghambat SKTP kita tidak kunjung turun. Makanya kita perlu pastikan hal-hal tersebut telah teratasi dengan baik. Sehingga SKTP kuta segera turun. Dan akhirnya Tunjangan Profesi Guru kita bisa segera kita dapatkan pula.

Cara Cek SKTP 2021

Adapun cara cek SKTP 2021 ini ada beberapa cara. Kalau dulu hanya melaluiinfo.gtk.kemdibud.go.idTetapi untuk cek SKTP 2021 ini bisa dilakukan dengan 3 cara. Sehingga semakin memudahkan bagi para bapak dan ibu guru.

Cara cek SKTP yang pertama adalah melalui website resmi nya yaitu info.gtk.kemdibud.go.id. untuk cara ini memiliki beberapa langkah diantaranya :

a. Kita perlu memiliki akun ptkdapodik terlebih dahulu. Bila belum punya maka sebelumnya kita meminta akun ptkdapodik pada sekolahan tempat kita mengajar.

b. Setelah kita memiliki akun ptk dapodik maka kita bisa masuk info.gtk.kemdibud.go.id melalui google. Lalu kita masuk atau login melalui akun yang sudah kita miliki tersebut.

c. Lalu kita bisa memilih semester dan memasukkan kode captadan kita pun bisa login ke dalam website.

d. Setelah masuk kitapun akan langsung bisa melihat gtk kita apakah sudah valid apa belum.

e. Lalu kita bisa perhatikan bagian tunjangan profesi guru dan kita perhatikan nomor SKTP bila nomornya belum muncul berarti TPG kita belum bisa cair karena nomor SKTP belum terbit.

f. Bila memang nomor SKTP nya sudah terbit maka GTK supaya di print atau cetak untuk menghindari kesalahan data saat pencairan nantinya.

Cara yang kedua kita bisa melalui simpkbsebenqrnya caranya hampir sama. Kita bisa masuk ke website resminya melalui www.simpkb.id. Kita bisa login ke dalam website tersebut dengan memasukkan email sebagai username akun kita. Dan tanggal lahir sebagai pawordnya.

Bila sudah kita bisa maka kita akan bisa masuk websitesimpkblalu kita pun bisa langsung cek data gtk kita apakah sudah valid atau belum. Lalu kita cari informasi tentang nomor SKTP apakah memang sudah tertera atau belum. Bila belum brati belum bisa mencairkan Tunjangan Profesi Guru.

Bila sudah maka kita cetak GTK kita agar nanti bisa untuk menghindari kesalahan data. Bila GTK belum valid maka kita perlu segera mengurusnya di dapodik atau kemendikbud setempat. Agar tidak terhambat kedepannya. Dan lancar mencairkan TPG nya.

Cara yang terakhir yaitu melalui manajemen dapodikdasmen. Caranya kita membuka websiteresmidapo.dimdasmen.kemendikbud lalu login dengan mengisi sesuai akun ptkdapodik yang telah kita punya. Kita pilih menu manajemen sekolah dan login dengan akun ptkdapodik.

Kemudian setelah bisa login kita pilih menu kelola data sekolah.Setelah itu kita akan masuk kedalam beberapa menu. Maka kita pilih guru dan tendik, bila sudah maka kita pilih profil guru yang akan di cek gtknya. Di yaitu terdapat data lengkap profil guru tersebut.

Lalu kita bisa scrolkebawah untuk melihat info gtk. Dan klik logogtk tersebut maka secara otomatis kita akan mendapatkan info gtk profil guru tersebut. Apakah sudah valid atau belum. Setelah itu kita cari uraian nomor SKTP apakah memang sudah terbit atau belum. Bila belum berarti belum bisa cair TPG nya.

Penerbitan SKTP

Itulah tadi tiga cara cek SKTP 2021 yang bisa kita lakukan.Adapun penerbitan SKTP bisa dilakukan secara digital maupun secara manual. Untuk perbedaanyakalau secara digital berarti SKTP kita diterbitkan oleh dapodik.

Berarti ini terutama bagi bapak atau ibu guru yang data di dapodik tidak ada masalah. Maka dapodik akan menerbitkan SKTP kita secara digital. Kalau masih bermasalah maka dengan cara kedua yaitu dengan cara manual.

Penerbitan SKTP secara manual dilakukan bila data kita ada kendala. Maka calon penerima tunjangan harus melengkapi persyaratan ke dinas pendidikan setempat yang nantinya akan di verifikasikan sampai dinyatakan valid.

Apabila sudah valid maka pihak dinas pendidikan akan mengajukan pengusulan penerbitan SKTP calon penerima tunjangan tersebut ke DitjenGTK. Serelah itu calon penerima tunjangan tersebut menunggu sampai nomor SKTP nya diterbitkan.

Demikian tadi penjelasan tentang cek SKTP 2021 . Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih


Related Posts

Posting Komentar