Marquee

Selamat datang di blog Pendidikan widyakrama.com

Tips Lulus PPG 2021, Siapkan Sekarang!

Pendidikan Profesi Guru merupakan wadah bagi siapapun yang ingin menjadi guru. Terlebih, bagi yang ingin serius menekuni di bidang pendidikan. Meski banyak yang berminat menjalani tes ini, sayangnya tidak semua orang mengetahui tips lulus PPG 2021 sehingga merasa kesulitan saat menghadapinya.

Pendidikan profesi saat ini memang dibutuhkan demi menjadi seorang tenaga pengajar yang berkualitas dan mampu bersaing dengan pengajar lainnya.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari dilaksanakannya PPG yang mengharapkan agar setiap guru yang berhasil lulus menjawab soal PPG 2021 bisa memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Dengan meningkatnya keahlian dan kualitas guru otomatis kualitas pendidikan di Indonesia pun akan ikut meningkat.

tips mengerjakan soal PPG
Ilustrasi : tips dan trik sukses lulus PPG.

Bagaimana Cara Daftar PPG 2021?

Hingga saat ini, PPG resmi diselenggarakan oleh pemerintah yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sama seperti tes CPNS, peserta PPG juga harus mengikuti tes ini dalam beberapa tahap.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja trik lulus PPG supaya dapat melewati setiap tahapan tes dengan mudah. Dengan demikian, maka peserta yang lulus pada tes PPG tahap satu akan direkomendasikan untuk mengikuti tes tahap dua dan seterusnya.

Adapun, untuk mendaftar PPG 2021 bisa melalui situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu http://ppg.ristekdikti.go.id. Isi program studi sesuai dengan keahlian.

Jika sebelumnya telah menjalani kuliah di bidang pendidikan, pastikan program studi yang dipilih juga sesuai dengan program studi yang diambil saat kuliah. Setelah itu, lengkapi persyaratan pendaftaran sesuai dengan yang diminta dalam situs web tersebut.

Pemerintah akan memproses pendaftaran dengan memverifikasi serta memvalidasi persyaratan yang telah diajukan. Proses ini tentunya membutuhkan beberapa hari.

Peserta yang lolos seleksi administrasi ini akan dihubungi dan diminta untuk mengikuti ujian pretest di tempat yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tips Lulus PPG 2021

Setelah berhasil melewati tahap seleksi administrasi dengan melengkapi persayaratan pendaftaran, kini waktunya bagi peserta untuk mengikuti tes PPG 2021.

Tes ini memang selalu diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah, tetapi sayangnya tidak semua orang bisa berhasil lulus mengingat persaingannya yang sangat ketat. 

Untuk diketahui, program PPG ini baru bisa diikuti oleh peserta setelah menempuh pendidikan kuliah D4 dan S1.

Bagi yang berhasil lulus dari PPG akan kembali menempuh pendidikan profesi guru dengan keahlian khusus selama satu hingga dua tahun. Bagi yang tertarik dengan PPG, ada baiknya mengetahui cara lulus PPG 2021 seperti berikut ini:

Awali Dengan Niat 

Tips lulus PPG 2021 yang pertama memang sering disepelekan, tetapi memulai berbagai hal termasuk dalam tes PPG 2021 yang tidak dilakukan dengan niat akan mempengaruhi hasil. Tak sedikit orang yang mengikuti PPG hanya ingin coba - coba dan mengandalkan keberuntungan tanpa mengawalinya dengan niat.

Bagi yang sudah mantap mengikuti tes PPG, sebaiknya niatkan dalam hati untuk tekun dan rajin belajar untuk mempersiapkan diri supaya lulus. 

Soal PPG 2021 akan terasa sulit jika tidak dihadapi dengan persiapan matang. Oleh karena itu, jika niatkan untuk bisa belajar dengan konsisten. Menghadapi PPG 2021 pasti akan terasa lebih mudah ketika seluruh materi PPG 2021 sudah dipelajari. 

Kuasai Materi PPG 2021

Tips lulus PPG 2021 yang berikutnya yaitu menguasai materi soal. Anda bisa mencari materi yang berisikan soal - soal tes PPG tahun - tahun sebelumnya. Meskipun belum dapat diprediksi seperti apa nanti soal daring PPG 2021, tetapi ada kemungkinan bahwa pola soal tahun ini akan mirip seperti soal yang sudah dibuat di tahun - tahun sebelumnya. 

Belajar dengan menjawab soal - soal PPG tahun sebelum bisa membuat Anda menjadi menguasai materi PPG 2021. Sebab, Anda akan menjadi terbiasa dalam menjawab soal dan mengetahui bagaimana trik menjawab soal tersebut. Jadi, pastikan untuk terus belajar untuk bisa menguasai materi PPG.

Tentukan Durasi Belajar

Setelah mengetahui materi apa saja yang perlu dipelajari untuk menghadapi tes PPG, kini saatnya untuk menentukan berapa lama durasi belajar.Agar materi bisa benar-benar dipahami, maka durasi belajar pun harus ditentukan dan dilaksanakan dengan disiplin.

Perlu diingat bahwa durasi belajar bukan hanya menentukan lamanya waktu belajar atau berlatih soal tes PPG, tetapi juga menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari materi tertentu.

Misalnya, dengan menentukan belajar materi soal yang ada pada tes tahap satu selama 2 minggu.

Kemudian minggu berikutnya dilanjutkan dengan belajar materi soal yang ada pada tes tahap dua, dan seterusnya. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam memahami seluruh materi dalam soal tes PPG. 

Jangan Fokus Pada Satu Soal Saja

Pada waktu dimulainya tes, pastikan untuk tidak terlalu lama menghabiskan waktu dalam mengerjakan soal. Hal ini bertujuan supaya batas waktu yang ditetapkan selama tes PPG tidak terbuang percuma.

Jangan  lama-lama dalam membaca soal, cukup dibaca sekali atau dua kali. Secepatnya untuk memberi jawaban dari soal tersebut atau beralih mengerjakan soal lainnya.

Jika diperlukan, usahakan membawa jam tangan sebagai penanda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjawab setiap sesi soal.

Misalnya, jika penguji menginstruksikan sesi soal pertama diberi waktu selama 45 menit usahakan untuk menjawabnya selama 30 menit. Anda bisa melihat waktu setiap menitnya dari jam tangan yang Anda gunakan. 

Dahulukan Mengerjakan Soal Paling Mudah

Ketika menemukan kesulitan, sebaiknya tinggalkan soal tersebut dan kerjakan soal lainnya.Kerjakan soal yang sekiranya paling mudah terlebih dahulu supaya energi untuk berpikir bisa sepenuhnya terpakai untuk mengerjakan semua soal. 

Bukan rahasia lagi jika manajemen waktu adalah kunci sukses dalam menjawab soal, termasuk soal daring PPG 2021. Sebaiknya, jangan hanya fokus mengerjakan satu soal saja apalagi ketika menemukan kesulitan pada soal tersebut.

Berfokus hanya pada satu soal hanya akan membuang - buang waktu sementara masih ada soal lainnya yang perlu dijawab.

Oleh karena itu, ketika menemukan kesulitan sebaiknya tinggalkan saja soal tersebut dan beralih mengerjakan soal yang lain. Kalau waktu tersisa, cobalah untuk mengerjakan kembali soal yang belum terjawab.

Gunakan Analisis SWOT

Analisis SWOT yang memiliki arti Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Oportunity (Kesempatan) serta Thread (Ancaman) juga perlu digunakan dalam tes PPG 2021. Hal ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan kelemahan Anda dalam mengerjakan soal PPG 2021. 

Maka dalam menjawab soal PPG, sebaiknya Anda bisa menganalisa tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada dalam dirimu sendiri. Pikirkanlah, apakah Anda bisa mengerjakan sesi soal A atau B, ini penting untuk memaksimalkan upaya dalam menjawab soal.

Demikianlah penjelasan mengenai tips lulus PPG 2021. Belajar adalah persiapan paling penting untuk menghadapi soal - soal PPG. Dengan belajar sama saja melatih otak untuk mengingat bagaimana strategi menjawab soal tersebut.

Related Posts

Posting Komentar